Sejarah

 

Didistribusikan pengolahan

Sebelum munculnya jaringan komputer yang didasarkan pada beberapa jenis sistem telekomunikasi, komunikasi antara mesin perhitungan dan komputer awal dilakukan oleh pengguna manusia dengan membawa petunjuk antara mereka. Banyak perilaku sosial terlihat di Internet saat ini adalah terbukti hadir dalam abad ke-19 dan bisa dibilang dalam jaringan bahkan sebelumnya menggunakan sinyal visual.

§  Pada bulan September 1940, George Stibitz menggunakan mesin Teletype untuk mengirim instruksi untuk masalah set dari Model nya di Dartmouth College untuk nya Kalkulator Nomor Kompleks di New York dan menerima hasil kembali dengan cara yang sama. Menghubungkan sistem output seperti mesin ketik jarak jauh ke komputer adalah minat pada Advanced Research Projects Agency (ARPA) ketika, pada tahun 1962, JCR Lickliderdipekerjakan dan mengembangkan kelompok kerja yang disebut ” intergalaksi Jaringan Komputer “, sebagai awal dari ARPANET .

§  Awal jaringan komputer berkomunikasi termasuk sistem radar militer Semi-Otomatis Lingkungan Tanah (SAGE), dimulai pada akhir 1950-an.

 

§  Reservasi penerbangan komersial sistem semi-otomatis usaha penelitian lingkungan (SABRE) pergi online dengan dua mainframe yang terhubung pada tahun 1960.

§  Pada tahun 1964, para peneliti di Dartmouth mengembangkan Waktu Dartmouth Sharing System untuk pengguna terdistribusi sistem komputer besar. Pada tahun yang sama, di Massachusetts Institute of Technology , sebuah kelompok penelitian yang didukung oleh General Electric dan Bell Labs menggunakan komputer untuk rute dan mengelola sambungan telepon.

 

§  Sepanjang tahun 1960-an Leonard Kleinrock , Paul Baran dan Donald Davies independen dikonsep dan dikembangkan sistem jaringan yang digunakan paket yang dapat digunakan dalam jaringan antara sistem komputer.

§  1.965 Thomas Marill dan Lawrence G. Roberts menciptakan pertama wide area network (WAN). Ini adalah pendahulu langsung ke ARPANET , yang menjadi manajer program Roberts.

§  Yang banyak digunakan pertama telepon beralih menggunakan kontrol komputer yang benar diperkenalkan oleh Western Electric pada tahun 1965.

§  Pada tahun 1969 University of California di Los Angeles , yang Stanford Research Institute , University of California di Santa Barbara , dan University of Utah dihubungkan sebagai awal dariARPANET jaringan menggunakan 50 kbit / s sirkuit. [2]

§  Layanan komersial menggunakan X.25 dikerahkan pada tahun 1972, dan kemudian digunakan sebagai infrastruktur dasar untuk memperluas TCP / IP jaringan.

Hari ini, jaringan komputer adalah inti dari komunikasi modern. Semua aspek modern dari masyarakat beralih jaringan telepon (PSTN) yang dikendalikan komputer, dan telepon semakin berjalan di atas Internet Protocol, meskipun tidak selalu Internet publik. Ruang lingkup komunikasi telah meningkat secara signifikan dalam dekade terakhir, dan ini booming dalam komunikasi tidak akan mungkin terjadi tanpa jaringan komputer semakin maju. Jaringan komputer, dan teknologi yang dibutuhkan untuk menghubungkan dan berkomunikasi melalui dan di antara mereka, terus mendorong perangkat keras komputer, perangkat lunak, dan industri peripheral. Ekspansi ini dicerminkan oleh pertumbuhan jumlah dan jenis pengguna jaringan, dari peneliti untuk pengguna rumahan.

Koleksi saling berhubungan komputer otonom (identitas unik) dikenal sebagai jaringan komputer.

Jaringan komputer:

Memfasilitasi komunikasi

Menggunakan jaringan, orang dapat berkomunikasi secara efisien dan mudah melalui email, instant messaging, chat room, telepon, telepon panggilan video, dan konferensi video.

Izin berbagi file, data, dan jenis-jenis informasi

Dalam lingkungan jaringan, pengguna resmi dapat mengakses data dan informasi yang tersimpan di komputer lain di jaringan. Kemampuan menyediakan akses ke data dan informasi pada perangkat penyimpanan bersama adalah fitur penting dari banyak jaringan.

Berbagi jaringan dan sumber daya komputasi

Dalam lingkungan jaringan, setiap komputer di jaringan dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang disediakan oleh perangkat pada jaringan, seperti mencetak dokumen pada printer jaringan bersama. Komputasi terdistribusi menggunakan sumber daya komputasi di seluruh jaringan untuk menyelesaikan tugas-tugas.

Mungkin tidak aman

Sebuah jaringan komputer dapat digunakan oleh hacker komputer untuk menyebarkan virus komputer atau worm komputer pada perangkat yang terhubung ke jaringan, atau untuk mencegah perangkat dari biasanya mengakses jaringan ( denial of service ).

Dapat mengganggu teknologi lainnya

Daya jalur komunikasi sangat mengganggu tertentu  bentuk komunikasi radio, misalnya, radio amatir. Hal ini juga dapat mengganggu mil terakhir teknologi akses seperti ADSL dan VDSL .

Mungkin sulit untuk mengatur

Sebuah jaringan komputer yang rumit mungkin sulit untuk mengatur. Hal ini juga mungkin sangat mahal untuk mendirikan sebuah jaringan komputer yang efektif dalam sebuah organisasi besar atau perusahaan.

Media komunikasi

Jaringan komputer dapat diklasifikasikan sesuai dengan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi terkait yang digunakan untuk menghubungkan perangkat individu dalam jaringan, sepertikabel listrik ( HomePNA , komunikasi saluran listrik , G.hn ), serat optik , dan gelombang radio ( nirkabel LAN ). Dalam model OSI , ini terletak pada tingkat 1 dan 2.

Sebuah keluarga terkenal dari media komunikasi secara kolektif dikenal sebagai Ethernet . Hal ini didefinisikan oleh IEEE 802 dan menggunakan berbagai standar dan media yang memungkinkan komunikasi antara perangkat. Wireless LAN teknologi dirancang untuk menghubungkan perangkat tanpa kabel. Perangkat ini menggunakan gelombang radio atau inframerah sinyal sebagai media transmisi.

Wired teknologi

Urutan teknologi kabel berikut adalah, kasar, dari lambat ke kecepatan transmisi tercepat.

§  Twisted pair kawat adalah media yang paling banyak digunakan untuk telekomunikasi. Twisted-pair kabel terdiri dari kabel tembaga yang dipelintir menjadi pasangan. Kabel telepon biasa yang terdiri dari dua kabel tembaga terisolasi dipelintir menjadi pasangan. Komputer jaringan kabel (kabel Ethernet seperti yang didefinisikan oleh IEEE 802.3 ) terdiri dari 4 pasang kabel tembaga yang dapat dimanfaatkan baik untuk suara dan transmisi data. Penggunaan dua kawat twisted bersama membantu untuk mengurangi crosstalk dan induksi elektromagnetik . Kecepatan transmisi berkisar dari 2 juta bit per detik menjadi 10 milyar bit per detik. Kabel twisted pair datang dalam dua bentuk: unshielded twisted pair (UTP) dan terlindung twisted-pair (STP). Setiap bentuk datang dalam beberapa kategori penilaian, yang dirancang untuk digunakan dalam berbagai skenario.

§  Kabel Coaxial banyak digunakan untuk sistem televisi kabel, gedung perkantoran, dan lain-pekerjaan situs untuk jaringan area lokal. Kabel terdiri dari tembaga atau kawat aluminium dikelilingi oleh sebuah lapisan isolasi (biasanya bahan yang fleksibel dengan konstanta dielektrik tinggi), yang itu sendiri dikelilingi oleh lapisan konduktif. Isolasi membantu meminimalkan gangguan dan distorsi. Transmisi kecepatan berkisar dari 200 juta bit per detik menjadi lebih dari 500 juta bit per detik.

§  ITU-T G.hn menggunakan teknologi yang sudah ada kabel rumah ( kabel koaksial , saluran telepon dan kabel listrik ) untuk menciptakan kecepatan tinggi (sampai dengan 1 Gigabit / s) jaringan area lokal.

§  Sebuah serat optik adalah serat kaca. Menggunakan pulsa cahaya untuk mengirimkan data. Beberapa keuntungan dari serat optik melalui kabel logam kerugian kurang transmisi, kekebalan dari radiasi elektromagnetik, dan kecepatan transmisi yang sangat cepat, hingga triliunan bit per detik. Satu dapat menggunakan warna yang berbeda dari lampu untuk meningkatkan jumlah pesan yang dikirim melalui kabel serat optik.

Wireless teknologi

§  Terrestrial microwave – Terrestrial microwave menggunakan komunikasi bumi berbasis pemancar dan penerima menyerupai piring satelit. Terrestrial microwave berada di kisaran rendah gigahertz-, yang membatasi semua komunikasi dengan garis-melihat-. Stasiun Relay diberi jarak sekitar 48 km (30 mil) terpisah.

§  Komunikasi satelit – The satelit berkomunikasi melalui gelombang radio microwave, yang tidak dibelokkan oleh atmosfer bumi. Satelit ditempatkan di angkasa, biasanya dalam geosynchronous orbit 35.400 km (22.000 mil) di atas khatulistiwa. Ini Bumi mengorbit sistem yang mampu menerima dan menyampaikan suara, data, dan sinyal TV.

§  Seluler dan sistem PCS menggunakan radio beberapa teknologi komunikasi. Sistem membagi wilayah tertutup ke daerah geografis beberapa. Setiap daerah memiliki pemancar berdaya rendah atau radio perangkat relay antena ke panggilan estafet dari satu daerah ke daerah berikutnya.

§  Radio dan penyebaran teknologi spectrum – jaringan area lokal nirkabel menggunakan teknologi tinggi frekuensi radio yang mirip dengan digital selular dan teknologi radio frekuensi rendah.Wireless LAN menggunakan teknologi spektrum tersebar yang memungkinkan komunikasi antara beberapa perangkat di daerah terbatas. IEEE 802.11 mendefinisikan rasa umum terbuka-standar teknologi nirkabel gelombang radio.

§  Komunikasi inframerah dapat mengirimkan sinyal untuk jarak kecil, biasanya tidak lebih dari 10 meter. Dalam kebanyakan kasus, line-of-sight propagasi digunakan, yang membatasi posisi fisik perangkat berkomunikasi.

§  Sebuah jaringan area global (GAN) adalah jaringan yang digunakan untuk mendukung mobile di seluruh jumlah sewenang-wenang LAN nirkabel, area jangkauan satelit, dll Tantangan kunci dalam komunikasi mobile menyerahkan off komunikasi pengguna dari satu daerah cakupan lokal ke depan. Dalam Proyek IEEE 802, ini melibatkan suksesi terestrial LAN nirkabel . [4]

teknologi Exotic

Ada berbagai usaha untuk mengangkut data melalui media yang kurang lebih eksotis:

§  IP over Operator Avian adalah bodoh April humoris ini Permintaan untuk Komentar , dikeluarkan sebagai RFC 1149 . Itu diimplementasikan dalam kehidupan nyata pada tahun 2001. [5]

§  Memperluas Internet untuk dimensi antar melalui gelombang radio. [6]

Kedua kasus memiliki besar waktu round-trip delay , yang mencegah komunikasi yang berguna.

Komunikasi protokol dan pemrograman jaringan

 

Internet peta. Internet adalah sistem global jaringan komputer yang saling berhubungan yang menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Artikel utama: Komunikasi Protokol

Sebuah protokol komunikasi adalah seperangkat aturan untuk bertukar informasi melalui jaringan. Hal ini biasanya tumpukan protokol (juga lihat model OSI ), yang merupakan “stack” protokol, di mana setiap protokol menggunakan protokol di bawahnya. Sebuah contoh penting dari tumpukan protokolHTTP berjalan di atas TCP melalui IP melalui IEEE 802.11 (TCP dan IP adalah anggota dari Internet Protocol Suite , dan IEEE 802.11 adalah anggota dari Ethernet protocol suite). Tumpukan ini digunakan antara router nirkabel dan komputer pribadi pengguna rumah saat pengguna berselancar di web.

Protokol komunikasi memiliki berbagai properti, seperti apakah mereka connection-oriented atau connectionless , apakah mereka menggunakan modus circuit atau packet switching , atau apakah mereka menggunakan hirarkis atau flat menangani.

Ada banyak protokol komunikasi, beberapa yang dijelaskan di bawah ini.

Ethernet

Ethernet adalah keluarga protokol yang digunakan di LAN, dijelaskan oleh serangkaian standar bersama-sama disebut IEEE 802 yang diterbitkan olehInstitute of Electrical dan Electronics Engineers . Ini memiliki skema pengalamatan datar dan sebagian besar terletak pada tingkat 1 dan 2 dari model OSI . Untuk pengguna rumah hari ini, anggota yang paling terkenal dari keluarga ini protokol IEEE 802.11 , atau dikenal sebagai Wireless LAN (WLAN).Namun, penawaran suite lengkap protokol dengan banyak aspek jaringan tidak hanya untuk digunakan di rumah, tapi terutama ketika teknologi ini digunakan untuk mendukung beragam kebutuhan bisnis. MAC bridging ( IEEE 802.1D ) berkaitan dengan routing paket Ethernet menggunakan sebuahProtokol Spanning Tree , IEEE 802.1Q menggambarkan VLAN , dan IEEE 802.1X mendefinisikan port berbasis Jaringan Access Control protokol, yang merupakan dasar untuk mekanisme otentikasi yang digunakan dalam VLAN, tetapi juga ditemukan dalam WLAN – itu adalah apa rumah pengguna melihat ketika pengguna harus memasukkan “Kunci akses nirkabel”.

Internet Protocol Suite

The Internet Protocol Suite , sering juga disebut TCP / IP, adalah dasar dari semua internetworking modern. Ini menawarkan koneksi-kurang serta berorientasi koneksi layanan melalui jaringan inheren tidak dapat diandalkan dilalui oleh transmisi datagram pada protokol internet (IP) tingkat. Pada intinya, suite protokol mendefinisikan pengalamatan, identifikasi, dan routing spesifikasi dalam bentuk tradisional Internet Protocol Version 4 (IPv4) dan IPv6, generasi berikutnya dari protokol dengan kemampuan menangani banyak diperbesar.

SONET / SDH

Jaringan Synchronous Optical (SONET) dan Synchronous Digital Hierarchy (SDH) adalah standar multiplexing protokol yang mentransfer beberapa aliran bit digital melalui serat optik menggunakan laser. Mereka awalnya dirancang untuk mengangkut sirkuit komunikasi mode dari berbagai sumber yang berbeda, terutama untuk mendukung real-time, tidak dikompresi, circuit-switched suara dikodekan dalam PCM format (Pulse-Code Modulation). Namun, karena netralitas protokol dan transport berorientasi fitur, SONET / SDH juga adalah pilihan yang jelas untuk mengangkut Asynchronous Transfer Mode (ATM) frame.

Asynchronous Transfer Mode

Asynchronous Transfer Mode (ATM) adalah teknik switching untuk jaringan telekomunikasi. Ini menggunakan asynchronous time-division multiplexing dan encode data ke dalam kecil, berukuran tetap sel . Ini berbeda dari protokol lain seperti Internet Protocol Suite atau Ethernet yang menggunakan paket berukuran variabel atau frame . ATM memiliki kesamaan dengan kedua sirkuit danpacket switched jaringan. Hal ini membuat pilihan yang baik untuk jaringan yang harus menangani kedua lalu lintas tinggi-throughput data tradisional, dan real-time, low-latency konten seperti suara dan video. ATM menggunakan koneksi berorientasi model di mana sirkuit virtual harus dibentuk antara dua endpoint sebelum pertukaran data yang sebenarnya dimulai.

Sementara peran ATM berkurang mendukung jaringan generasi mendatang , masih memainkan peran dalam mil terakhir , yang adalah hubungan antara penyedia layanan Internet dan pengguna rumah. Untuk menarik menulis-up dari teknologi yang terlibat, termasuk dalam susun protokol komunikasi yang digunakan, lihat. [7]

Jaringan pemrograman

Pemrograman komputer jaringan melibatkan menulis program komputer yang berkomunikasi satu sama lain di sebuah jaringan komputer. Program yang berbeda harus ditulis untuk klien proses, yang memulai komunikasi, dan untuk server yang proses, yang menunggu untuk komunikasi yang akan dimulai. Kedua titik akhir dari aliran komunikasi diimplementasikan sebagai soket jaringan, maka pemrograman jaringan pada dasarnya adalah pemrograman socket.

Skala

Jaringan komputer jenis dengan lingkup geografis

§  Dekat lapangan (NFC)

§  Tubuh (BAN)

§  Personal (PAN)

§  Dekat-me (NAN)

§  Lokal (LAN)

§  Rumah (HAN)

§  Storage (SAN)

§  Kampus (CAN)

§  Tulang punggung

§  Metropolitan (MAN)

§  Luas (WAN)

§  Internet

§  Interplanetary Internet

 

Jaringan sering diklasifikasikan oleh luasnya fisik atau organisasi atau tujuan mereka. Penggunaan, tingkat kepercayaan, dan hak akses berbeda antara jenis jaringan.

jaringan area pribadi

Sebuah jaringan area pribadi (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer dan teknologi informasi yang berbeda dekat dengan satu orang. Beberapa contoh perangkat yang digunakan dalam PAN adalah komputer pribadi, printer, mesin fax, telepon, PDA, scanner, dan bahkan video game konsol. Sebuah PAN mungkin termasuk perangkat kabel dan nirkabel. Jangkauan PAN biasanya meluas ke 10 meter. [8] Sebuah PAN kabel biasanya dibangun dengan USB dan koneksi Firewire sementara teknologi seperti Bluetooth dan komunikasi inframerah biasanya membentuk PAN nirkabel.

jaringan area lokal

Sebuah jaringan area lokal (LAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat di wilayah geografis terbatas seperti rumah, sekolah, laboratorium komputer, gedung perkantoran, atau kelompok erat diposisikan bangunan. Setiap komputer atau perangkat pada jaringan adalah node.LAN kabel saat ini kemungkinan besar akan didasarkan pada Ethernet teknologi, meskipun standar baru seperti ITU-T G.hn juga menyediakan cara untuk membuat LAN kabel menggunakan kabel rumah yang ada (kabel koaksial, saluran telepon dan listrik). [9]

 

Perpustakaan Khas jaringan, dalam topologi pohon bercabang dan akses ke sumber daya terkontrol

Sebuah LAN sampel digambarkan dalam diagram terlampir. Semua perangkat saling harus memahami lapisan jaringan (lapisan 3), karena mereka menangani beberapa subnet (warna yang berbeda). Mereka di dalam perpustakaan, yang hanya memiliki 10/100 Mbit / s koneksi Ethernet ke perangkat pengguna dan Gigabit Ethernet koneksi ke router pusat, bisa disebut “lapisan 3 switch” karena mereka hanya memiliki antarmuka Ethernet dan harus memahami IP . Akan lebih tepat untuk memanggil mereka akses router, mana router di atas adalah distribusi router yang terhubung ke internet dan jaringan akademis ‘pelanggan router akses.

Karakteristik yang menentukan LAN, berbeda dengan WAN (Wide Area Network), termasuk tingkat yang lebih tinggi mereka transfer data, rentang geografis yang lebih kecil, dan tidak perlu untuk telekomunikasi leased baris. Ethernet sekarang atau lainnya IEEE 802.3 teknologi LAN beroperasi pada kecepatan transfer data hingga 10 Gbit / s. IEEE memiliki proyek menyelidiki standarisasi 40 dan 100 Gbit / s. [10] LAN dapat terhubung ke jaringan Wide area dengan menggunakan router.

Rumah area network

Sebuah wilayah jaringan asal (HAN) merupakan LAN hunian yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat digital biasanya ditempatkan di rumah, biasanya sejumlah kecil komputer pribadi dan aksesoris, seperti printer dan perangkat komputasi mobile. Fungsi penting adalah berbagi akses internet, seringkali layanan broadband melalui TV kabel atau Digital Subscriber Line (DSL) operator.

Penyimpanan area network

Sebuah jaringan area penyimpanan (SAN) adalah jaringan khusus yang menyediakan akses ke konsolidasi, blok tingkat penyimpanan data. SAN terutama digunakan untuk membuat perangkat penyimpanan, seperti disk array, tape libraries, dan jukebox optik, dapat diakses oleh server sehingga perangkat muncul seperti perangkat terpasang di sistem operasi. Sebuah SAN biasanya memiliki jaringan sendiri perangkat penyimpanan yang umumnya tidak dapat diakses melalui jaringan area lokal dengan perangkat lain. Biaya