Visidan Misi Akuntansi

Visi

Tahun 2000 Akuntansi menetapkan visi jurusan yakni sebagai :

Lembaga pendidikan tinggi akuntansi berkualitas yang menghasilkan lulusan yang mampu bersaing diluar pasar tenaga kerja nasional”.

Visi ini menurut masih sangat relevan, karena arah aktivitas bisnis ke depan cenderung ke global, yang salah satu cirinya adalah borderless country (free entry and exit) termasuk di pasar tenaga kerja. Oleh karena itu, menghasilkan lulusan yang mampu bekerja di perusahaan nasional, multinasional, di dalam dan diluar negeri sangat relevan dengan kondisi masa datang.

Saat ini, profesi akuntan sedang menjadi sorotan, baik akuntan publik maupun akuntan manajemen, yang dipicu oleh berbagai skandal bisnis, baik di negara maju maupun di negara berkembang, serta di Indonesia sendiri. Menteri Pendidikan Nasional dalam Konvensi Nasional Akuntansi ke V di Yogyakarta tanggal 14 Desember 2004 menyatakan bahwa membangun pendidikan berkualitas bagi akuntan tidak cukup hanya membangun technical competency, dalam hal ini accounting competency, tetapi yang sangat penting lagi adalah membangun moral competency dan kemandirian. Kopetensi akuntansi tidak akan berjalan dengan baik, jika pelaksananya tidak memiliki moral yang baik. Moral yang baik saja kurang memadai, bilamana tidak memiliki kemandirian. Akuntan yang tidak memiliki kemandirian akan cepat terpengaruh oleh berbagai kondisi, yang pada akhirnya akan menyimpang dari etika dan moral yang berlaku.

Bertitik tolak dari hal di atas, Akuntansi perlu melengkapi visi dengan menambahkan muatan moral. Suatu alternatif, visi Akuntansi ke depan adalah

“Menjadi lembaga pendidikan tinggi dan profesi akuntansi berkualitas yang menghasilkan lulusan yang mandiri dan beretika, memiliki kompetensi akuntansi yang tinggi untuk dapat bersaing diluar pasar tenaga kerja nasional” 

Misi

Sementara itu, misi jurusan juga perlu dikembangkan menjadi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan akuntansi dan profesi akuntan berkualitas tinggi
  2. Mempromosikan pendidikan akuntansi yang belandaskan etika dan kemandirian,
  3. Mempromosikan penelitian akademis dan aplikasi dibidang akuntansi, dan
  4. Menyediakan pelayanan pada masyarakat dalam bidang aplikasi akuntansi.