Kerja sama P4TK Malang dan VDEC

Guru SMKN 6 Kupang Studi Banding ke Malang

Pos Kupang – Rabu, 27 Januari 2010 | 09:25 WITA

Berita Terkait

Studi banding ini dilakukan untuk membuka wawasan para guru dan pegawai menuju SMKN 6 berbasis teknologi informasi (TI).

Kepala SMKN 6 Kupang, Drs. Daniel Tapobali, didampingi Ketua Panitia Studi Banding, Ulfiyanti Toelle, di ruang kerjanya, Senin (25/1/2010), mengatakan, salah satu visi dan misi SMKN 6 Kupang adalah menghasilkan tamatan yang kompeten dan berdaya saing yang bisa diserap di dunia usaha dan industri (Dudi).

Ia mengatakan, studi banding ini dilakukan SMKN 6 Kupang bekerja sama dengan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Kejuruan (P4TK) Malang dan Vocasional Education Development Center (VDEC) Malang.

Sebelumnya, sudah ada kerja sama yang ditandai dengan Memorandum of Understanding (MoU) antara SMKN 6 Kupang dan VDEC Malang.

“MoU ini yang membuat sekolah melakukan studi banding di sana untuk mengembangkan wawasan dan memotivasi para guru dan pegawai di bidang TI,” katanya.

Saat ini, katanya, sekolah melalui panitia studi banding sedang melakukan penggalangan dana. Sekolah juga membutuhkan perhatian Pemerintah Kota Kupang agar program sekolah ini bisa berjalan.

Sementara ini, pihaknya sedang membuat proposal ke pihak- pihak yang bisa mendukung pelaksanaan studi banding ini.

“Kami sudah membuat proposal ke Wali Kota Kupang dan tinggal menunggu tindak lanjut dari pemkot saja,” katanya.

Menurutnya, berdasarkan rencana para guru dan pegawai ini akan melakukan studi banding selama lima hari dengan mengikuti kegiatan yang padat.

Dalam studi banding tersebut para guru dan pegawai akan berkunjung ke sekolah-sekolah mitra bersama VDEC, yakni SMK Negeri 5 Malang, SMK Negeri 8 Malang dan SMK Negeri 1 Purwosari. Sekolah-sekolah ini merupakan sekolah kejuruan yang berbasis teknologi dan bertaraf internasional.

Sedangkan SMKN 6 Kupang, lanjutnya, akan menuju ke sekolah berbasis TI karena sekolah ini memiliki tiga program studi TI, yakni Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Jaringan dan Multimedia.

Rombongan studi banding, jelasnya, akan berangkat bersama para siswa yang mengikuti program praktik kerja industri (prakerin) yang juga akan dilaksanakan di Malang.

Pada tahun 2009 SMKN 6 Kupang mengirim satu siswa berprestasi ke Malang untuk mengikuti prakerin atau magang pada dunia usaha. Tahun ini sekolah akan kembali mengirimkan siswa berprestasi, namun sekolah masih memetakan berapa siswa yang akan dikirim karena semuanya tergantung dari kemampuan orangtua. (nia)